E-learning Ilmu Pendidikan

Pemanfaatan tekhnologi internet dalam pembelajaran perlu di galakkan sebagai salah satu inovasi baru dalam penggunaan media dan sumber belajar. Berbagai bentuk aplikasi dan fasilitas yang tersedia di internet dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan kualitas dan mutu pembelajaran. Selain itu juga dapat mempermudah kegiatan pembelajaran jika ditinjau dari aspek penggunaan media. Salah satu di antaranya adalah pembelajaran dengan e-learning. Belajar dengan e-learning sesungguhnya juga merupakan salah satu bentuk penggunaan media pembelajaran berbasis IT atau berbasis internet. hal ini berarti bahwa dengan e-learning akan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi mutu dan kualitas hasil belajar siswa. Disamping keuntungan dari aspek media pembelajaran, penggunaan e-learning juga dapat sekaligus manambah kuantitas interaksi kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa, dosen dan mahasiswa, karena tidak terbatasi oleh jadwal waktu yang ketat. E-learning Ilmu pendidikan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat menyediakan interaksi jarak jauh secara non formal untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan melakukan kegiatan di ataranya memperoleh materi pembelajaran, sumber belajar, panduan atau bimbingan ataupun tutorial secara bertahap.

E-learning Ilmu pendidikan mengarah kepada pemanfaatannya membutuhkan koneksi internet dengan cara mengkases website E-learning Ilmu pendidikan yang terlebih dahulu dimulai dengan menjadi anggota pada group keanggotaan e-lerning ilmu pendidikan. Untuk memahami secara mendalam ada baiknya terlebih dahulu diuraikan tentang pengertian pembelajaran dengan E-learning Ilmu pendidikan.

Infrastruktur pembelajaran dengan E-learning Ilmu pendidikan

Wahono  pernah menguraikan secara rinci tentang perangkat infrastruktur elearning sebagai berikut;

  1. Sistem dan Aplikasi E-learning Ilmu pendidikan: Sistem perangkat lunak e-learning adalah sistem yang mem-virtualisasi proses belajar mengajar konvensional. Virtualisasi ini seperti Bagaimana manajemen kelas, pembuatan materi atau konten, forum diskusi, Group Diskusi, sistem penilaian, sistem ujian online dan beberapa fitur yang berkaitan dengan manajemen belajar seperti penyetoran tugas dan akses tentang informasi tugas yangditerima termasuk nilai yang diperoleh.
  2. Konten E-learning Ilmu pendidikan: Konten dan bahan ajar yang ada pada E-learning Ilmu pendidikan adalah system yang menyediakan manajemen sistem yang memuat Konten dan bahan ajar dalam bentuk Multimedia-based Content (konten berbentuk multimedia interaktif) atau Text-based Content (konten berbentuk teks seperti pada buku pelajaran biasa), yang tersimpan dalam arcives web.

7 thoughts on “E-learning Ilmu Pendidikan

  1. Pingback: Mendefinisikan ulang Pendidikan Nasional | Elearning Pendidikan

  2. Pingback: 7 Faktor Keberhasilan e-Learning | Elearning Pendidikan

  3. Pingback: Menyiasati Kemajemukan Gaya Belajar Siswa dengan e-Learning | Elearning Pendidikan

  4. Pingback: Teacher quality workmanship | Elearning Pendidikan

  5. Pingback: Teacher Creativity | Elearning Pendidikan

    • sistem keamanan yang dibutuhkan paling mendasar spammer kamase…… jadi selain itu menurut mas ansari apa yang paling mendasar selain itu. Untuk orisinilitas tulisan saya tidak terlalu pusing. karena terikat kaidah yang berlaku secara international.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>