Pengertian Micro Teaching

Pengertian Micro Teaching secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai pengajaran Kecil, akan tetapi secara khusus Micro Teaching adalah merupakan bentuk kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam usaha menyiapkan mahasiswa atau calon guru melalui kegiatan pengajaran, bimbingan dan latihan secara terprogram dan berkesinambungan guna terciptanya calon guru professional. Kegiatan Micro Teaching ini dilakukan sebagai bagian dari mata kuliah kekhususan bagi jurusan kependidikan agar setelah mereka menyelesaikan studi telah dapat memiliki kemampuan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenag aprofesional guru. Micro Teaching adalah salah satu bentuk kegiatan pendidikan dan pengajaran yang diarahkan untuk membentuk kemampuan keguruan baik bersifat umum dalam bentuk prinsip dan pendekatan yang berlaku untuk keperluan pengajaran, maupun bersifat khusus yaitu teknik serta prosedur yang erat kaitannya dengan hakekat inti bahan ajar tertentu.

Micro Teaching dilaksanakan dalam beberapa tahapan dengan melibatkan beberapa unsur. Dalam proses kegiatannya melibatkan sejumlah mahasiswa dan dosen pembimbing ditambah teknisi laboratorium. Oleh karena itu pengalaman belajar Micro teaching ini mencakup kegiatan pemahaman teoritik dan latihan untuk pembentukan ketrampilan keguruan yang mampu menyatukan penguasaan bidang ilmu sumber ajar dengan penyajian sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan prinsip-prinsip pengajaran. Melalui Micro Teaching kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan tugas mengajar dan mendidik dapat dijadikan umpan balik bagi dosen pembimbing dan mahasiswa dalam memperbaiki cara belajar-mengajar, mengadakan perbaikan dan pengayaan pengalaman mengajar, serta menempatkan mahasiswa pada situasi-situasi yang lebih tepat sesuai dengan standar akademik dan tingkat kemampuan yang dimiliki. Berdasarkan uraian di atas, satuan mata kuliah Micro Teaching mahasiswa diharapkan mampu dan sanggup mempraktikkan teori dan pengalaman mengajar di institusi-institusi pendidikan.

Sebagai kegiatan yang mengarah kepada pemberian ketermapilan profesional maka, Micro Teaching merupakan salah satu bentuk pengintegrasian antara teori dan praktik mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen. Pengintegrasian tersebut dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Membantu dan membentuk pengayaan pengetahuan dalam bidang pengajaran.
  2. membantu mahasiswa membuktikan suatu teori atau hukum berdasarkan data dan informasi yang diperoleh selama pelaksanaan micro teaching.
  3. Membantu mahasiswa mengatasi kesulitan selama praktek.

Mahasiswa mampu dan terampil dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan pengevaluasi pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>