Persiapan Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran dalam pelaksanaan Microteaching menjadi persayaratan mutlak. Mahasiswa diharuskan untuk menyiapkan perangkat pembelajaran yang akan menjadi bahan utama dalam melakukan praktikum microteaching. Secara sederhana yang dimaksud dengan Perangkat Pembelajaran adalah sebuah instrumen administratif dari perencanaan pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh seorang guru (mahasiswa peserta micro teaching) sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Dengan demikian maka salah satu kompotensi dasar seorang guru (mahasiswa) yang akan dibekalkan adalah kompotensi dan kemampuan untuk membuat dan merancang perencanaan pembelajaran. Perencanaan tersebut terdiri dari minimal 2 macam instrumen. Instrumen perencanaan yang harus dibuat oleh guru dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu (1) perencanaan waktu, (2) perencanaan kegiatan pembelajaran.
Perencanaan waktu merupakan pembagian atau alokasi waktu yang tersedia yang harus didasarkan pada akademik dan juga harus disesuaiakan disesuaikan dengan luasan topik pembahasan atau materi yang akan diajarkan atau kompetensi dasar berdasarkan kurikulum. Beberapa perangkat pembelajaran dalam bentuk perencanaan waktu yang harus dipersiapkan oleh seorang guru diantaranya adalah, (1) Rencana Pekan Efektif (RPE), (2) Program Tahunan (Prota), dan (3) Program Semester (Prosem).
Selain itu guru harus menyiapkan Perencanaan kegiatan pembelajaran yang merupakan perencanaan pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi proses serta hasil pembelajaran yang akan dilakukan. Beberapa perangkat perencanaan kegiatan pembelajaran yang harus disiapkan oleh seorang guru diantaranya adalah (1) Silabus mata pelajaran, dan (2) Sekenario pembelajaran atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Silabus mata pelajaran minimal memuat entang Nama Mata pelajaran, Alokasi waktu, SK dan KD, Indikator, Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, evaluasi dan Sumber belajar. Sementara untuk RPP memuat elaborasi secara lebih spesifik dari Silabus yang difokuskan pada deskripsi Kegiatan pembelajaran yang memuat minimal kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>